10 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan Ke Jogja

Jogja mungkin lebih dikenal dengan wisata budaya serta sejarahnya. Namun ternyata, Jogja juga punya banyak wisata pantai yang menarik hati.

Bukan cuma Parangtritis. Banyak pantai yang pesonanya jauh lebih memikat dari pantai paling terkenal di Jogja tersebut. Jika kamu ingin mengunjungi pantai-pantai berpasir putih di Jogja, datanglah ke kawasan pesisir Kabupaten Gunungkidul. Belasan pantai dengan daya pikat yang begitu menggoda sudah menunggu kedatanganmu.

Sakingnbanyaknya pantai cantik yang ada di Gunungkidul, pasti akan sedikit membingungkan untuk mengunjungi pantai yang mana. Berikut ini kami rangkumkan 10 pantai terbaik yang ada di Gunungkidul. Tentu ini saja ini bukan status mutlak karna setiap orang pasti punya kriterianya sendiri untuk menentukan pantai terbaik. Kalau kamu punya pendapat lain, jangan ragu untuk menambahkan di kolom komentar 🙂

 

1. Pantai Pulang Sawal

Foto: naradatour.com

Orang-orang mungkin lebih familiar dengan pantai Indrayanti daripada nama aslinya, Pulang Sawal. Apapun kamu menyebutnya — Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti — yang jelas semua mengarah pada satu lokasi. Yakni sebuah pantai cantik berpasir putih kecoklatan yang berada di pesisir Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu pantai paling mainstream di Gunungkidul. Dulu — sekitar sebelum tahun 2012 — pantai ini masih relatif sepi. Penginapan dan toko cindera mata memang sudah ada namun jumlahnya masih satu dua.

Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, pantai ini menjadi sangat ramai. Toko oleh-oleh dan cindera mata semakin banyak jumlahnya. Pantai Pulang Sawal memang memiliki daya pikat yang membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung. Pasir putih kecoklatan ditambah air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini. Payung-payung warna-warna yang berjejer di sepanjang pantai membuat kita bertanya “ini beneran di Jogja?”.

 

2. Pantai Pok Tunggal

Foto: grandmedia.id

Pantai ini juga memiliki pesona yang tidak kalah memikat, dengan pasir putih kecoklatan serta air laut yang terlihat bersih dan jernih. Ciri khas dari pantai Pok Tunggal adalah keberadaan pohon duras yang seolah menjadi ikon pantai. Sama seperti Pantai Pulang Sawal, pantai ini awalnya juga sangat sepi dan hanya dikunjungi oleh mereka yang ingin camping atau menikmati pemandangan sunset.

Yap, Pantai Pok Tungal merupakan salah satu tempat terbaik di Jojga untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Pantai ini juga merupakan tempat yang asik untuk camping ceria bersama teman. Deretan payung warna-warna juga akan banyak kita temui di Pantai Pok Tunggal.

 

3. Pantai Wedi Ombo

Foto: isjogja.blogspot.co.id

Pantai Wedi Ombo merupakan sebuah pantai yang lokasinya berada di bagian ujung timur deretan Pantai Selatan di Gunung Kidul. Meski lokasinya paling jauh, pantai ini juga tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan karna memiliki keindahan yang membuat siapapun tergoda. Selain memiliki pasir putih kecoklatan serta air laut yang jernih, pantai ini memiliki keunikan lain berupa batu karang halus di bibir pantai. Ada sebuah spot menarik di pantai ini yakni sebuah laguna yang terbentuk secara alami di batu karang yang berada di salah satu bagian pantai.

Nama pantai ini semakin populer karna pernah dijadikan tempat syuting video klip Endank Soekamti untuk lagu mereka yang berjudul Luar Biasa.

 

4. Pantai Siung

Foto: Studio Sunday

Pantai Siung juga merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di Gunungkidul. Tak jauh berbeda dengan mayoritas pantai lain di Gunungkidul yang dianugrahi dengan pasir putih serta air laut yang bersih, Pantai Siung juga menawarkan hal yang sama. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing serta batu karang yang jumlahnya cukup banyak. Nama pantai ini sendiri diambil dari salah satu batu karang yang bentuknya menyerupai taring/siung.

Jika punya waktu lebih di pantai ini, berjalanlah terus ke bukit yang berada di sebelah timur maka kamu akan menemukan sebuah padang rumput cantik yang cukup luas. Dalam perjalanan ke bukit tersebut kita juga akan disuguhi pemandangan air terjun yang dikenal dengan nama Banyutibo.

 

5. Pantai Kukup

Foto: @naura_tourtravel.jogja

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai yang lokasinya relatif dekat. Setidaknya, jika dibandingkan dengan Wediombo. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari dua pantai lain yang juga cukup terkenal di Gunungkidul yakni Pantai Baron dan Pantai Krakal. Pantai Kukup juga memiliki pasir berwarna putih cenderung coklat. Batu-batu karang berukuran besar juga akan banyak kita temukan di sekitar pantai.

Ada sebuah pulau karang di sekitar pantai ini yang diatasnya terdapat sebuah bangunan seperti gazebo. Pulau karang ini dikenal dengan nama Jumino. Sebuah jembatan yang menghubungkan pulau tersebut dengan tebing karang mengingkatkan kita dengan Tanah Lot di Bali. Bedanya, di pulau karang tersebut tidak ada pura.

 

6. Pantai Sunda

Foto: Rizki A. Rachman

Sundak merupakan sebuah pantai dengan sejarah yang unik. Sekitar tahun 1976 ada seekor anjing yang bermain-main sebuah goa yang ada di sekitar pantai. Di dalam goa anjing tersebut menemukan seekor landak dan berniat memangsanya. Namun, si landak ternyata memberikan perlawanan sehingga terjadi pergulatan antara kedua binatang tersebut yang tentu saja dimenangkan oleh anjing.

Perbuatan anjing tersebut ternyata diketahui oleh sang pemilik. Ia mencoba melihat ke dalam goa dan ternyata benar, anjing piaraannya telah memangsa seekor landak. Dari kejadian ini maka muncullah nama Sundak yang merupakan singkatan dari Asu (anjing) dan Landak. Pantai ini juga memiliki pasir putih kecoklatan serta air laut yang terlihat bersih.

 

7. Pantai Baron

Foto: @sarsatlinmas

Pantai Baron juga merupakan salah satu pantai yang sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Gunungkidul. Pantai ini sebenarnya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berada di ujung barat kawasan Pantai Selatan di Gunungkidul. Di ujung sebelah barat pantai terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yang menjadikan pemandangan dan suasana di pantai ini menjadi semakin unik.

Pantai Baron merupakan sebuah pantai yang menjadi pusat kegiatan nelayan. Di pantai ini bahkan ada tempat pelelangan serta pasar ikan dimana kita bisa mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan. Pantai Baron juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner seafood di Gunungkidul. Ada sebuah mercusuar yang terletak di sebelah timur pantai. Jika ingin menikmati pemandangan Pantai Baron dan sekitarnya, kita bisa naik ke mercusuar ini.

 

8. Pantai Sepanjang

Foto: dolandolen.com

Pantai ini layak dimasukkan daftar pantai terindah di Jogja, khususnya Gunungkidul karna memiliki garis pantai paling panjang diantara pantai-pantai lain di Gunungkidul. Pantai ini juga sudah cukup ramai oleh kunjungan wisatawan namun tak seramai pantai-pantai lain seperti Baron dan Pulang Sawal.

Hamparan pasir putih yang panjang membentang serta air laut yang bersih juga menjadi daya tarik utama Pantai Sepanjang. Pantai ini juga merupakan pantai yang ideal untuk bermain pasir serta kejar-kejaran ombak. Untuk berenang, seperti kurang cocok karna ombaknya cukup tinggi.

 

9. Pantai Sadranan

Foto: Tarsih Ekaputra

Sadranan merupakan salah satu pantai indah lainnya yang bisa kita temukan di Gunungkidul. Ciri khas pantai ini adalah keberadaan pulau-pulau karang di beberapa titik. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Ngandong dan Pantai Sundak. Ketiga pantai ini memiliki pemandangan yang kurang lebih sama.

Suasana Pantai Sadranan sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul dengan pasir putih kecoklatan serta air laut yang jernih. Ombak di bibir pantai ini cukup tenang. Namun, jika air laut sedang surut biasanya pantai ini hanya akan menyisakan “lantai karang” yang cukup tajam.

 

10. Pantai Ngobaran

Foto: jejakpiknik.com

Pantai Gunung Kidul rasa Bali. Demikian pendapat orang tentang pantai Ngobaran. Pantai ini memang unik dan terlihat paling berbeda dibandingkan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Di sekitar pantai ini terdapat pura yang aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Pura-pura tersebut juga dilengkapi dengan arca-arca Hindu seperti yang biasa kita lihat pada beberapa candi di Jogja.

Keberadaan pura tersebutlah yang membuat pantai ini seperti di Bali. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang indah meskipun tidak terlalu panjang. Air lautnya juga terlihat sangat bersih. Tak jauh beda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul pada umumnya.

 

Sumber: yukpiknik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *