Ini Manfaat Jalan Kaki Yang Orang Jarang Ketahui

 

Hidup sehat seringkali dipandang sebagai gaya hidup yang sulit untuk dipraktikkan. Banyak hal yang melatari timbulnya pandangan ini. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan waktu dan anggapan yang salah mengenai hidup sehat.

Kesibukan sehari-hari yang padat memang seringkali membuat waktu untuk berolah raga hingga memikirkan pilihan makanan yang lebih sehat menjadi tidak ada. Selain itu ada anggapan bahwa hidup sehat membutuhkan biaya yang besar. Padahal, kenyataannya menjalani gaya hidup sehat tidaklah sulit jika saja ada niat yang kuat dan keberanian untuk berubah. Buktinya, Anda dapat memulai langkah menuju hidup yang lebih sehat dengan cara sederhana. Hanya dengan berkomitmen untuk lebih banyak berjalan kaki setiap hari seseorang sudah memulai hidup yang lebih sehat.

Berjalan kaki, khususnya 10.000 langkah setiap hari, dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Oleh karena itu, meskipun tidak termasuk olah raga, jalan kaki adalah aktivitas fisik yang perlu dilakukan. Sebuah studi yang dirilis oleh Harvard Health Publishing menunjukkan bahwa berjalan kaki, setidaknya satu jam per hari, dapat mengurangi risiko obesitas baik yang diperoleh dari gaya hidup maupun genetik. Berjalan kaki 10.000 langkah per hari juga akan membuat tubuh lebih aktif. Stamina dan daya tahan tubuh akan meningkat. Otot dan sendi-sendi pun akan lebih terlatih. Selain itu, risiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes juga akan berkurang.

Sementara untuk kesehatan psikologis, lebih banyak berjalan kaki akan membantu mengurangi stres. Layaknya aktivitas kardio lain, jalan kaki membantu otak melepaskan hormon endorphin yang dapat menekan stres. Selain itu, berjalan kaki juga membuat otak berada pada mode meditatif sehingga perasaan hati lebih tenang.

Lalu bagaimana caranya untuk mulai rutin berjalan kaki 10.000 langkah per hari? Miliki niat dan semangat dengan menantang diri sendiri untuk lebih banyak berjalan kaki selama sebulan. Meski ada fasilitas seperti lift dan eskalator, selama sebulan coba untuk lebih banyak menggunakan tangga. Anda juga bisa menunjukkan semangat dengan berani parkir lebih jauh. Jika Anda sehari-hari menyetir mobil sendiri ke kantor, pilihlah lokasi parkir yang jauh dari pintu masuk lobi gedung kantor. Beranilah untuk lebih banyak jalan kaki dari lokasi parkir ke kantor. Namun, Anda tidak perlu terlalu idealis dan memaksa diri sendiri. Mulai secara perlahan tetapi miliki target. Miliki alat penghitung langkah, atau aktifkan saja fitur ini di smartphone Anda. Tingkatkan jumlah langkah setiap harinya, dan hingga di akhir bulan nanti pastikan Anda sudah sanggup untuk jalan kaki setidaknya 10.000 langkah per hari.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Berani Jalan 10.000 Langkah Per Hari? Ini Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *