16 Tempat wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Bila Kamu Ke Jogja

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Kota Gudeg ini, pasti akan merasa ketagihan untuk berkunjung lagi dan lagi.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung, hello.… Kalian ke mana aja? Memilih jadi pertapa, ya?

Ya, Yogyakarta, atau akrab disebut Jogja, memiliki semua persyaratan untuk menjadi kota yang akan selalu dirindukan. Keramahan warganya, tempat-tempat yang menarik, makanan yang variatif dan lezat, udaranya yang menenangkan, dan secara ekonomi, hampir semua yang ada di Jogja bisa dikatakan terjangkau.

Tak salah jika kemudian tak sedikit orang yang menjadikan Jogja sebagai tujuan wisata di waktu senggang. Hampir semua karakter dan jenis wisata bisa dirasakan, mulai dari yang edukasi, kuliner, budaya, alam hingga yang nyeleneh sekali pun.

Penikmatnya? Siapa pun kalangannya, dari yang muda hingga lanjut usia, mereka yang bercukupan atau tidak, Jogja hampir memiliki semua untuk siapa saja.

Dan khusus untuk buah hati Anda, ada beragam wahana wisata, yang tidak hanya menarik dan menyenangkan, tapi juga edukatif, yang bisa memberikan tambahan pengetahuan.

Tak percaya? 17 tempat wisata ini berfokus memberikan semua aspek itu untuk si kecil menikmati setiap waktunya saat liburan di Jogja. Simak langsung daftarnya di bawah ini.

1. Menaklukkan kastil dan meniti tangga menuju awan: The Lost World Castle

picture by @thelostworldcastle

Masih ingat dengan acara Benteng Takeshi yang dulu sempat tayang di televisi? Tempat yang satu ini mungkin akan mengingatkan Anda dengan kastil yang  ada di acara tersebut.

Meskipun belum lama dibuka untuk umum, namun kehadiran The Lost World Castle yang terletak di kaki Gunung Merapi sukses menyedot para pengunjung yang awalnya tertarik melihat bangunan-bangunan unik yang ada di sini.

Saking uniknya, bahkan saat berada di sini Anda serasa sedang tidak berada di Jogja. Ada kastil bergaya Eropa yang berdiri megah (lengkap dengan patung kuda!), pohon-pohon bunga sakura, tenda-tenda Indian, replika Stonehenge, sampai  patung dinosaurus yang bergeletak di sungai yang kering.

Buat Anda yang gemar berfoto narsis, bersiaplah untuk dimanjakan dengan banyaknya spot-spot menarik yang ada di The Lost World Castle. Penasaran rasanya jadi Cersei Lannister? Duduklah di singgasana yang merupakan replika dari Iron Thrones di serial hits Game of Thrones.

Atau kalau mau background yang lebih nyentrik, ada juga Rumah Hobbit yang unik, Paradise Gate dengan tangga yang seolah tanpa batas menuju surga, berfoto di atas awan, atau bahkan di wahana lukisan 3D yang begitu realistis. Banyak banget deh pilihannya!

Kalau mau berkunjung ke sini, sebaiknya datanglah saat cuaca sedang cerah (pagi atau sore hari) supaya Anda bisa menyaksikan Gunung Merapi yang megah atau panorama Kota Yogyakarta dari kejauhan.

2. Keliling dunia tanpa mengeluarkan paspor: The World Landmarks Merapi Park

picture by @firdhadian

Ingin mengajak keluarga jalan-jalan keliling dunia tapi bujet masih belum memadai? Tenang, ajak saja mereka ke tempat ini.

Berada di kawasan sekitaran lereng Gunung Merapi, tempat wisata ini masih tergolong anyar, tepatnya baru dibuka untuk umum pada akhir bulan Juni 2017 silam.

Bisa ditebak dari namanya, di sini Anda akan disuguhkan dengan berbagai landmark yang terkenal dari segala penjuru dunia. Sebut saja Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Jam Big Ben, Forbidden City Cina, dan masih banyak lagi yang semuanya tampak begitu realistis meski berukuran lebih kecil.

Selain bisa foto-foto sepuasnya (makanya pastikan baterai ponsel dan kamera Anda terisi penuh!), fasilitas umum yang tersedia di The World Landmarks ini juga termasuk lengkap, dari café untuk beristirahat sejenak dan mengisi perut sebelum hunting foto lagi, sampai pendopo untuk sekadar leyeh-leyeh.

Dan yang paling istimewa…. Meski lokasinya strategis dan tempatnya keren, tiket masuknya murah banget! Makanya sayang kalau Anda tak meluangkan waktu membawa keluarga ke sini. Hitung-hitung pemanasan sebelum ke luar negeri sungguhan.

3. Mewujudkan mimpi si kecil menjadi pilot: Museum Dirgantara Yogyakarta

picture by @julaika_mia

Siapa di antara Anda yang memiliki putra atau putri yang bercita-cita menjadi pilot? Mengunjungi Museum Dirgantara pastinya menjadi langkah awal untuk mewujudkan mimpi buah hati Anda.

Di museum yang sudah berdiri sejak April 1969 tersebut, Anda bisa mengajak si kecil menyaksikan beragam jenis pesawat dari dekat.

Bagaimana tidak, ada 36 pesawat terbang yang berada di tempat ini, terutama jenis pesawat tempur. Si kecil bahkan bisa masuk ke dalamny dan melihat langsung seperti apa kokpit pesawat tersebut.

Juga ada 28 diorama menarik dan beragam koleksi bersejarah lainnya, yang pastinya tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Dan koleksi terbaik yang dimiliki Museum Dirgantara ini adalah replika pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India. Pesawat tersebut ditembak jatuh di daerah Ngoto, Bantul oleh Belanda.

4. Tempat bermain sambil belajar

4-a. Taman Pintar

picture by @tamanpintar_yogyakarta

Siapa bilang belajar tidak bisa dengan cara yang menyenangkan? Di Taman Pintar, dijamin si kecil akan menikmati setiap ‘ilmu’ yang diterimanya dengan suka ria.

Belajar mengenai gelombang suara misalnya, Taman Pintar menyediakan Dinding Berdendang dan Pipa Bercerita agar si kecil bisa memahaminya. Atau mengenal warna di Cakram Spektrum Warna, serta masih banyak lainnya di Playground Area.

Masuk ke bagian indoor Taman Pintar, akan lebih banyak ‘atraksi’ yang tak kalah menariknya. Ruang Sains & Teknologi yang keren, juga Ruang Profesi yang memperkenalkan anak Anda pada beragam profesi yang bisa menjadi cita-cita mereka.

Salah satu yang juga seru untuk dinikmati adalah wahana di Gedung Oval. Di sini Anda dan si buah hati bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah terbentuknya alam semesta. Juga ada terowongan bawah air, yang membuat kita serasa berada di Sea World.

Apakah itu saja? Salah jika Anda berpikir demikian. Masih ada ruang dengan beragam dinosaurus, bioskop 4 Dimensi, laboratorium sains dan banyak lagi lainnya yang level keseruannya tak bisa digambarkan dengan kata-kata.

4-b. Pengalaman menyaksikan film 8D: Sindu Kusuma Edupark

picture by @skedupark

Anda pasti sering menyaksikan film dengan format 2D. Begitu pula dengan tontonan 3D. Nah, bagaimana dengan tayangan berformat 8D? Pasti penasaran, kan?

Di Sindu Kusuma Edupark, Anda bisa mendapatkan sensasi tersebut. Hebatnya, Anda dan si kecil memiliki banyak opsi lain untuk menghabiskan waktu libur selain menyaksikan sinema 8D itu.

Sebagai contoh, ingin menyaksikan Kota Jogja dengan cara yang sedikit berbeda, bisa langsung menuju ke Ferris Wheel bernama Cakra Manggilingan. Tak tanggung-tanggung, ketinggiannya mencapai nyaris 50 meter.

Lompat-lompatan di Panggon Lunjak juga menyenangkan. Menggabungkan atraksi trampolin dan sling shot, si kecil pasti bisa berteriak-teriak kegirangan. Keliling wahana Sindu Kusuma Edupark juga sangat memungkinkan bisa dilakukan dengan beragam cara, dari naik kereta api, menggunakan segway dan mengendarai mobil kuno.

Menguji nyali di House of Terror juga menjadi opsi yang menarik, dan menyaksikan film 8D juga bisa merupakan hal yang sepenuhnya asyik dan berbeda.

Lalu bagaimana dengan sisi edukasinya? Menyambangi House of Batik dan Dino Park juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mendidik. Dan tak lama lagi, akan ada mini waterpark seru, grass slide hingga light festival.

Sepertinya rugi jika tak berkunjung ke sini ya bila mampir ke Yogya?

4-c. Perpustakaan yang seru dan mengasyikan: Perpustakaan Grhatama Pustaka

picture by @grhatamapustaka

Apa kesan pertama ketika mendengar kata perpustakaan? Penuh buku, berdebu dan membosankan?

Di Grhatama Pustaka, kesan itu bisa dikatakan tak lagi terlihat. Malah, perpustakaan ini terbilang seru karena konsep yang ditawarkan jauh berbeda dari perpustakaan kebanyakan.

Yang paling mencuri perhatian tentunya adalah bioskop 6D di lantai dasar. Perpustakaan mana di Indonesia yang ada bioskop 6D-nya selain di sini? Seperti apa filmnya, hmm... sepertinya harus merasakan dan menyaksikan sendiri keseruannya.

Ada juga taman bermain untuk anak-anak Anda, di mana si kecil bisa berinteraksi dan mendapatkan pengetahuan secara langsung mengenai beragam hal. Seru, kan?

Dan layaknya perpustakaan, Grhatama Pustaka juga menyajikan banyak koleksi buku dari berbagai genre, hasil penelitian, jurnal dan segalanya untuk menambah pengetahuan Anda, dan tentunya si kecil.

Hebatnya, di sini juga ada koleksi yang diperuntukkan para tunanetra, sehingga mereka bisa tetap mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan.

5. Menikmati malam bermandikan lampion berwarna-warni: Taman Pelangi Monjali

picture by @cupliz1110

Pelangi tak selalu datang setelah hujan turun. Di Taman Pelangi Monjali, Anda bisa menyaksikan pelangi nan indah, bahkan di malam hari sekali pun.

Adalah Taman Pelangi, tempat di mana Anda bisa menyaksikan keindahan dan keseruan pelangi buatan dalam bentuk lampion di sebuah taman yang mengelilingi Monumen Jogja Kembali, atau yang akrab dipanggil Monjali.

Tempat ini sangatlah Instagrammable. Beberapa spot menawarkan pemandangan yang menarik untuk dijadikan background berpose Anda dan keluarga, termasuk si kecil.

Tapi, bila buah hati bosan melayani hasrat Anda berselfie dan wefie, ajak mereka menikmati sejumlah wahana bermain yang asyik dan menyenangkan.

Ada trampolin, di mana si kecil bisa melompat-lompat dan menempel di jala seperti Spiderman. Ada juga becak mini, bombom car, perahu dayung hingga permainan bola air, dan juga Puri Hantu.

Tak perlu juga khawatir tak bisa ngemil atau bahkan makan besar, karena di Taman Pelangi Monjali tersedia food court. Dijamin seru pokoknya!

6. Ayo ajak si kecil bermain air!

6-a. Memanjakan si buah hati di kolam renang terbesar di Bantul: Grand Puri Waterpark

picture by @grandpuri_waterpark

Bermain air, siapa yang tidak suka? Dari balita hingga yang sudah berusia lanjut, hampir semua suka bermain air. Dan pilihan tempat untuk menikmati wahana wisata air ini semakin banyak.

Di Yogyakarta, tepatnya di Bantul, ada taman rekreasi air yang harus Anda kunjungi, Grand Puri Water Park Bantul. Wahana yang ditawarkan beragam dan dijamin seru.

Untuk wahana water slide saja, ada empat pilihan yang bisa Anda jajal. Sementara di Racing Slide, dua opsi diberikan pihak pengelola. Seru-seruan bersama sang buah hati pun menjadi banyak alternatifnya.

Jika wahana ini terlalu ekstrem untuk si kecil, ada kolam batita yang tak kalah menyenangkan. Lengkap dengan ember tumpah, water playground dan dua water slide mini untuk dinikmati.

Ingin yang tak begitu memompa adrenalin, silakan menuju ke lazy river alias kolam arus. Anda bisa bersantai dan bersenang-senang, menggunakan pelampung dan menikmati pemandangan di sekitar waterpark.

Dengan biaya yang relatif murah, rugi jika tak berkunjung ke tempat ini dan menikmati semua permainan bersama putra putri Anda!

 

6-b. Merasakan gelombang tsunami yang bikin deg-degan: Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark

picture by @jogjabay

Diklaim sebagai wahana taman air terbesar, tercanggih dan terlengkap se-Indonesia, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark menjadi magnet tersendiri bagi pelancong atau wisatawan lokal.

Wahana ini terbilang sebagai tujuan wisata baru di Jogja. Namun demikian, wahana yang diresmikan pada Desember 2015 silam itu sukses menyedot wisatawan dari berbagai daerah.

Bukan tanpa alasan, siapa sih yang tak ingin mencoba 19 wahana air yang seru dan menyenangkan di taman rekreasi bertema bajak laut ini?

Yang harus Anda dan keluarga coba di sini adalah wahana How to Survive in Tsunami and Earthquake. Di wahana ini, Anda akan merasakan sensasi mendapatkan hantaman gelombang tsunami. Tapi tak usah khawatir, karena keamanan tetap menjadi prioritas utama.

Fasilitas lain yang juga bisa Anda dan keluarga nikmati adalah pertunjukan spektakuler berupa drama musikal serta petualangan edukasi untuk si kecil. Untuk para ibu, ada fasilitas spa yang bisa Anda nikmati sementara anak-anak asyik bermain.

Itu semua hanya sebagian kecil keseruan yang ditawarkan Jogja Bay, karena masih banyak lagi yang bisa Anda dan buah hati nikmati. Berkunjung ke sini menjadi keharusan tersendiri!

7. Bertemu Ratu Elizabeth dan kabur dari tangkapan buaya: DeMata & DeArca Museum

picture by @meskhejuni

Museum kini tak lagi membosankan sama sekali. Anda dan keluarga bahkan bisa berfoto selfie atau wefie dengan seru dan menarik.

Tak percaya? Datang saja ke DeMata dan DeArca Museum yang berlokasi di Pandeyan, Umbulharjo. Dijamin Anda akan ketagihan berfoto dan beraksi seru di sana.

DeMata dan DeArca museum memang dikonsep sedemikian rupa untuk memanjakan para penggiat foto narsis.

Di DeMata Museum, Anda akan disuguhi gambar 2D dengan sensasi 3D, yang sedikit banyak bisa menipu mata.

Ingin berpose bersama Hulk, tokoh Avenger terkuat? Bisa. Atau ingin berada di balon udara. memungkinkan. Atau ingin berpose nakal, menantang dan sebagainya, Anda dibebaskan untuk beraksi di sini.

Jika DeMata Museum mengandalkan gambar 3D sebagai background, DeArca Museum mengedepankan patung sebagai teman Anda berpose. Ada banyak tokoh terkenal nasional mau pun internasional yang siap menjadi teman selfie Anda dan keluarga.

Ada Rowan ‘Mr Bean’ Atkinson, Steve Jobs, Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau bahkan Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama, Ratu Elizabeth dan masih banyak lagi lainnya yang rela berpose dengan Anda. Nggak kalah deh dibanding Madame Tussaud.

sepertinya, tak usah menunggu terlalu lama datang ke sini, karena museum tersebut buka setiap hari.

8. Mengujungi Tinky-Winky, Dipsi, Lala dan Po: Kampung Teletubbies, Desa Wisata Rumah Domes

picture by @dolandolen

Senang bisa melihat si kecil ikut bernyanyi dan bergembira bersama para Teletubbies di televisi? Jika iya, mungkin Anda bisa membawanya lebih bergembira lagi di Kampung Teletubbies yang terletak di daerah Prambanan.

Ya, ada suatu kampung, atau desa, dengan rumah-rumah mereka berbentuk kubah, mirip seperti tempat tinggal Tinky Winky, Dipsi, Lala dan Po di serial televisi anak tersebut.

Rumah-rumah di sini dibentuk menyerupai kubah atau dome, karena dianggap bangunannya akan lebih tahan gempa dan api. Wajar saja, mengingat rumah-rumah di kawasan ini sempat luluh lantak pasca gempa besar di Yogyakarta pada 2006 silam.

Karena bentuknya yang unik itu, tak sedikit kemudian yang menyebut rumah dome ini sebagai rumah Teletubbies. Dan yang menjadikannya menarik, di akhir pekan, karakter-karakter Teletubbies, seperti Tinky Winky, Lala, Dipsi dan Po akan muncul, bermain dan berfoto untuk Anda.

Selain itu, Anda dan si kecil bisa berkeliling kampung dengan menggunakan kereta mini. Juga ada taman bermain tradisional untuk anak-anak Anda.

Bisa bertemu langsung dengan idola di rumah tinggal para Teletubbies bisa menjadi pengalaman yang istimewa bagi si kecil. Jadi, tak ada salahnya bukan memanjakan buah hati Anda dengan membawanya ke sini?

9. Sensasi berjalan di langit-langit rumah: Upside Down World

picture by @vincentius_kuori

Upside Down World menjadi salah satu wahana wisata baru di Jogja yang harus Anda kunjungi. Sensasi yang ditawarkan cukup unik, menarik dan… bikin pusing!

Tempat ini memiliki setidaknya 12 ruangan dengan perabot rumah tangga yang tersebar di beberapa titik. Yang membedakannya adalah posisi perabot tersebut yang menempel di atap dan terbalik. Nah lho!

Ketika berada di dalam ruangan tersebut, akan ada sensasi Anda sedang berjalan di langit-langit rumah tanpa gravitasi, melihat ke bawah dengan sejumlah perabot.

Membingungkan? Tidak juga. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengambil gambar dengan angle tertentu dan hasilnya bisa langsung dilihat. Dijamin bakal unik dan menarik!

Konsep tempat ini memang diperuntukkan mereka yang gemar berfoto unik dan menarik. Bahkan di setiap spot ruangan ada pemandu dan pengarah gaya yang akan membantu Anda untuk mengambil setiap foto dan gambar.

Yuk, berangkat!

10. Belajar menanam padi dan menabuh gamelan: Desa Wisata Brayut

picture by @desawisatabrayut

Kegiatan outdoor selalu memiliki daya tarik tersendiri dan beraktivitas di alam terbuka pasti menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama buat anak-anak.

Dan dengan ditambah unsur edukasi dalam setiap kegiatan, Anda dan si kecil akan semakin menyatu sebagai keluarga, juga menambah pengetahuan. Desa Wisata Brayut menawarkan pengalaman tersebut buat Anda dan keluarga.

Di sini, Anda dan si kecil bisa mendapatkan sensasi menjadi petani yang sedang menanam padi. Anda turun langsung ke sawah, membawa bibit padi dan menancapkannya langsung di lumpur.

Tak ingin berkotor-kotor? Tak apa, masih ada cara lain mendapatkan pengalaman mengesankan di Desa Brayut, semisal belajar menari atau bermain gamelan, bahkan menangkap ikan.

Ingin merasakan kehidupan pedesaan? Di Desa Brayut, kesempatan itu terbuka lebar. Anda bisa tinggal bersama warga desa, makan makanan tradisional dan banyak hal lainnya.

Di sini Anda bisa mengajarkan pada si kecil seperti apa kearifan lokal serta kerja keras. Anda dan keluarga juga bisa memperkenalkan pada buah hati kehidupan Jawa di masa lalu, serta budaya dan adat istiadat yang mengiringi. Luar biasa, bukan?

11. Sehari menjadi “Charlie & The Chocolate Factory”: Cokelat Monggo

 

picture by @triekayu

Seperti apa rasanya menjadi Charlie, yang memiliki pabrik coklat yang luar biasa dan membuat kudapan coklat yang lezat seperti di film Charlie & The Cocholate Factory?

Tak perlu lagi membayangkan, Anda dan keluarga, terutama si kecil, bisa langsung membuat panganan itu dengan hadir langsung ke Cokelat Monggo. Cihuy!

Di sini, Anda bisa melihat langsung produk-produk yang ditawarkan Cokelat Monggo, mulai dari cokelat batang 40gr, hingga Pralines yang lezat dan menggoda dengan berbagai isian seperti durian, manga, kulit jeruk, jahe, kacang macadamia, dan lain-lain..

Anda juga bisa menyaksikan bagaimana pembuatan Cokelat Monggo di pabriknya langsung, bahkan juga bisa mencicipi hasil proses pembuatannya.

Ingin belajar mengolah coklat dan menjadikannya sebagai panganan yang enak dan menarik? Tak masalah. Cokelat Monggo memberikan kesempatan secara khusus untuk Anda, bahkan si kecil, mendapatkan sensasi dan pengalaman sebagai koki khusus di cooking class.

12. Nostalgia ke hiburan anak tanpa gadget: Museum Mainan Anak Kolong Tangga

picture by @banheur

Sering dari kita mengenang masa kecil yang membahagiakan. Bisa bermain di tanah lapang, berkejaran, atau sekadar bermain di halaman rupa dengan beragam mainan dimainkan.

Pemandangan seperti itu kini sudah jarang terlihat karena anak-anak sekarang lebih asyik bermain gadget. Tapi bukan berarti mereka tak bisa mengetahui seperti apa gaya bermain dan mainan ayah ibu mereka.

Di Museum Mainan Anak Kolong Tangga, Anda bisa memperkenalkan kembali permainan dan alat bermain yang dimainkan dulu ketika masih anak-anak kepada buah hati Anda.

Ada kuda kayu, gasing, kapal-kapalan dan banyak lagi lainnya. Total museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi mainan, buku cerita, poster dan banyak lagi lainnya untuk bisa dinikmati.

Ada juga kesempatan untuk memperkenalkan secara langsung kepada si kecil bagaimana memainkan permainan Anda ketika masih anak-anak. Pengelola museum menyediakan workshop untuk ini.

Anda juga bisa mengenang memori masa silam dengan memiliki mainan-mainan tradisional, yang saat ini mungkin sudah sulit dicari. Harganya sangat terjangkau, lho!

Tertarik untuk membawa putra-putri ke dunia masa kecil Anda, sekaligus mengenang kembali kehebohan tanpa gadget di masa lalu?

13. Belajar membuat gerabah dan keramik langsung di pusatnya: Desa Wisata Kasongan

picture by @mrajakkeramik

Kasongan identik dengan gerabah. Jadi ketika kita ingin mengenal lebih jauh mengenai kerajinan tersebut, desa wisata ini adalah tempat yang tepat untuk dituju.

Kasongan menawarkan, tidak hanya beragam gerabah dan keramik yang bisa dibeli, tapi juga kesempatan untuk belajar langsung bagaimana cara membuatnya.

Yang istimewa, desa wisata ini juga memberikan waktu secara khusus untuk para pengunjung, termasuk buah hati Anda, membentuk tanah liat hingga menjadi gerabah yang siap untuk dijual.

Perlu diketahui, membuat gerabah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Membentuk tanah liat, membengkokkan menjadi bentuk yang kita inginkan, menjadi rangsangan yang bagus untuk mengembangkan kreativitas.

14. Serunya ber-mini ATV menyusuri pantai: Pantai Kuwaru

picture by @anismanto

Bermain pasir dan air di pantai sudah menjadi hal yang biasa, tapi bisa mengendarai mini ATV tentu menjadi pengalaman yang sepenuhnya berbeda.

Di beberapa pantai di pesisir Bantul menawarkan wisata ATV, tapi spot di Pantai Kuwaru pantas mendapatkan perhatian khusus.

Berada di pinggiran pantai, rute yang dilalui mini ATV ini cukup menantang, namun tetap aman dan teduh. Pasalnya, lintasan ATV berada di tengah hutan cemara udang dengan dasar pasir hitam.

Mini ATV yang digunakan juga bukan mesin berkapasitas tinggi, jadi tak bisa digeber secara maksimal. Dengan spesifikasi seperti itu, mini ATV ini terbilang aman untuk dikendarai si kecil.

Lelah ber-ATV, Anda dan keluarga masih bisa bersenang-senang dengan bermain di pantai. Atau jika Anda mempertimbangkan untuk menghilangkan rasa lapar, ada juga sejumlah warung seafood yang siap menyajikan masakan terbaik mereka.

15. Mengenalkan anak dengan aneka permainan tradisional: Kampung Dolanan Pandes

picture by @wiwiell

Tidak ada playstation di tempat ini, atau xBox atau permainan di gadget. Di Kampung Pandes, anak-anak akan diajak bermain langsung di luar rumah, dengan langit menjadi atap dan tanah menjadi dasarnya.

Saat pertama masuk ke kampung ini, patung-patung dari jerami dengan pakaian tradisional langsung menyambut Anda di sepanjang jalan.

Anda dan si kecil juga bisa mendatangi setiap rumah di sepanjang jalan kampung ini dan melihat bagaimana pembuatan mainan tradisional oleh tuan rumah.

Para pemilik rumah juga tak segan memberikan bantuan dan kesempatan kepada pengunjung membuat mainan tradisional tersebut, mulai dari kitiran, wayang kertas, kapal othok-othok bahkan gamelan.

Di Kampung Dolanan Pandes ini Anda juga bisa mengenalkan kepada buah hati mengenai kearifan lokal juga apa artinya kerja keras.

Dan pastinya, selain memberikan pengetahuan tambahan untuk si kecil, Anda bisa sekaligus bernostalgia dengan mainan di masa kecil, lho!

16. Bergembira sampai puas: KidsFun Yogyakarta

picture by @kids_fun_yogyakarta

Dari namanya kita sudah tahu bahwa Kids Fun adalah dunia yang tepat buat anak-anak Anda bersuka ria.

Kids Fun Yogyakarta menawarkan lebih dari 20 wahana wisata untuk anak-anak Anda, mulai dari gokart, rafting, bombom car hingga flying fox.

Bukan hanya itu saja, ada juga parade pertunjukkan nan edukatif yang ditunjukkan untuk Anda dan keluarga, termasuk si kecil.

Berdandan ala putri, superhero atau karakter fantasi tertentu juga bisa dilakukan anak-anak Anda. Kapan lagi bisa melihat buah hati berkostum cantik ala Princess Sofia?

Di wahana Aquasplash, Anda dan putra-putri bisa menikmati sejumlah permainan air yang menarik, termasuk di antaranya kolam untuk toddler dengan beragam air mancur. Sejumlah slide juga ada untuk menampung keberanian putra-putri Anda.

Tak perlu juga khawatir kelaparan saat menghabiskan waktu Anda di sini karena di Kids Fun Yogyakarta juga memiliki restoran sekaligus toko cenderamata.

Rugi jika tak datang ke sini sepertinya!

Sumber: indonesia.tripcanvas.co

 

 

Add Comment