15 Herbal Alami Yang Bisa Kamu Coba Untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan rasanya sudah menjadi hal yang biasa bagi wanita. Keputihan merupakan proses keluarnya cairan dari vagina anda. Keputihan memang normal, asalkan tidak berwarna, berbau atau menimbulkan sensasi gatal. Bila sudah memiliki tanda tadi, bisa jadi anda mengalami infeksi atau gejala penyakit serius pada organ reproduksi anda.

Tak bisa ditepis, terkadang keputihan membuat wanita merasa risih. Untuk mengobati dan mengurangi keputihan, ada 15 bahan alami keputihan menurut Boldsky.com:

  1. Pisang
    Kandungan serat yang tinggi dalam pisang membantu menyingkirkan keputihan dengan cepat. Caranya adalah cukup konsumsilah pisang matang untuk mengurangi debit keputihan anda. Disarankan memgonsumsi pisang sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.
  2. Okra
    Okra mengandung sifat anti-hiperlipidemia, anti-kelelahan dan anti-diabetes. Ini bersifat mucilaginous dan membantu menghilangkan kelebihan lendir dari sistem. Ambil 100 gram okra dan tambahkan satu liter air ke dalamnya. Rebus selama 15-20 menit dan dinginkan. Mengkonsumsi air ini sering untuk menghilangkan keputihan.
  3. Biji Fenugreek
    Ini bagus untuk keputihan. Tambahkan dua sendok biji fenugreek dan empat cangkir air. Didihkannya di atas api sedang selama sekitar setengah jam sebagai douche alami. Karena douching dianggap buruk oleh banyak ahli kesehatan, Anda bisa membuat teh menggunakan biji fenugreek. Rebus beberapa biji di air dan saringlah. Minumlah seperti teh secara teratur untuk menyingkirkan keputihan. Ini adalah salah satu solusi nahan alami di rumah yang paling dikenal untuk mengatasi keputihan.
  4. Yogurt
    Yogurt bisa mengurangi keputihan saat hamil. Ini mengandung sejumlah besar bakteri baik yang mengatur infeksi internal dan membantu menyembuhkan masalah secara efektif. Mengkonsumsi yogurt setiap hari akan membantu mencegah infeksi.
  5. Air Beras
    sumber pati yang kaya dan mengandung sifat merendahkan yang membantu mengobati peradangan dan juga gatal yang disebabkan oleh kondisi ini. Cuci beras dan saring airnya, tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Minumlah secara teratur untuk menghilangkan kelemahan, gatal dan gejala lainnya yang disertai dengan keputihan yang berlebihan.
  6. Canberry
    Cranberry mengandung sifat antioksidan yang mencegah bakteri menyerang vagina dan juga membantu mengobati kondisi. Ekstrak jus dari cranberry segar dan minum tiga kali dalam sehari untuk mencegah keluarnya cairan dari vagina. Ini adalah salah satu solusi alami terbaik untuk keputihan.
  7. Air
    Minum banyak air merupakan obat yang efektif melawan gejala keputihan. Air membantu membersihkan bakteri dan dengan demikian membantu menghilangkannya, merawat kondisinya. Pastikan minum 8-10 gelas air putih sehari.
  8. Biji Cumin
    Ini diketahui memiliki sifat antimikroba yang dapat mengendalikan dan menyembuhkan infeksi vagina. Ambil satu atau dua sendok biji jinten, giling dengan baik dan campurkan dengan madu. Oleskan pasta ini ke area vagina Anda dan ini akan membantu mengurangi dan menyembuhkan kondisi keputihan yang berlebihan.
  9. Alum
    Alum adalah sulfat amonium yang digunakan untuk memurnikan air. Alum membantu dalam mengatur pendarahan serta infeksi bakteri. Ini juga memiliki sifat astringent dan dan antiseptik yang dapat membatasi pertumbuhan bakteri. Campur setengah sendok bubuk alum dalam air dan gunakan untuk mencuci area vagina Anda.
  10. Bawang Putih
    Bawang putih mengandung sifat antibakteri yang efektif dalam menghilangkan bakteri berbahaya yang menyebabkan keputihan berlebih. Konsumsilah satu atau dua siung bawang putih dengan segelas air pada saat perut kosong di pagi hari.
  11. Cuka Apel
    Cuka apel juga membantu memerangi infeksi jamur. Ini mengandung sifat antimikroba dan antijamur yang membantu menyingkirkan infeksi vagina. Ini juga membantu menyeimbangkan tingkat pH. Isi bak mandi Anda di air dan tambahkan tiga cangkir ACV ke dalamnya. Duduklah di air selama 20 menit. Ini akan menyembuhkan kondisi ini secara efektif. Ikuti rutinitas ini selama empat-lima kali seminggu.
  12. Baking Soda
    Baking soda membantu mengurangi keputihan dan juga menjaga tingkat pH yang tidak seimbang dan menghilangkan bau busuk dari buangan. Tambahkan setengah cangkir baking soda ke bathtub Anda yang berisi air hangat dan duduk di dalamnya selama 20 menit.
  13. Jahe
    Jahe membantu membuang kotoran yang berlebihan dari daerah vagina. Ambil dua sendok bubuk jahe kering dan tambahkan ke 250 ml air dan rebus sampai airnya dikurangi menjadi setengahnya. Minumlah cairan ini selama tiga minggu sampai gejala hilang sama sekali. Ini adalah salah satu pengobatan rumah atas untuk keputihan.
  14. Kunyit
    Kunyit mengandung khasiat antiseptik dan anti-inflamasi. Ini membantu menyingkirkan kelebihan keputihan. Ambil satu sendok bubuk kunyit dan giling dengan bawang putih. Konsumsilah secara teratur.
  15. Minyak Daun Teh
    Minyak ini efektif dalam mencegah keputihan. Ini mengandung sifat antiseptik yang membantu menyingkirkan infeksi. Tambahkan lima tetes minyak ini ke bak mandi yang berisi air. Duduk di dalamnya selama setengah jam. Ikuti ini dua kali sehari untuk mendapatkan kelegaan yang efektif.Bila keputihan tidak kunjung reda, tak perlu menunggu lama lagi untuk mengonsultasikan kondisi anda ke dokter. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: nova.grid.id

 

Add Comment